LEMBAR
PENGESAHAN
PRAKTIKUM MENGGAMBAR TEKNIK
LAPORAN AKHIR
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI – FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS
WIDYATAMA
Oleh:
Nama : Peri Anggara Putra
NPM : 0516101066
Telah
Disetujui dan Disahkan di Bandung, Tanggal _______________
Menyetujui,
Asisten Praktikum Menggambar Teknik
(Hamzah Agung Azhari) (Abdullah
Musa)
Mengesahkan,
Instruktur Praktikum Menggambar Teknik
(Rendiyatna Ferdian, S.T.)
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji syukur kami
panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan kita kesehatan, sehingga
penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan Laporan Praktikum Menggambar Teknik
ini dengan judul “Membuat Pengki yang ada rodanya”. Laporan Praktikum
Menggambar Teknik ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Laporan Praktikum Menggambar Teknik. Dalam Laporan ini mengulas tentang
Menciptakan Produk sudah ada dan juga penulis dapat menginovasinya.
Kami mengucapkan terimakasih
yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam
menyusun Laporan Praktikum Menggambar Teknik ini. Penulis juga berharap semoga
Laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Dengan segala kerendahan hati,
kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan dari para pembaca guna
untuk meningkatkan dan memperbaiki pembuatan Laporan Praktikum Menggambar
Teknik pada waktu mendatang.
Bandung, Juni 2017
Peri Anggara Putra
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................ i
KATA PENGANTAR........................................................................................ ii
DAFTAR ISI....................................................................................................... iii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 1
1.1
Latar Belakang.............................................................................................. 1
1.2 Tujuan Praktikum Menggambar Teknik....................................................... 2
BAB II LANDASAN TEORI............................................................................. 3
2.1
Pengertian Gambar Teknik........................................................................... 3
2.1.1
Fungsi Gambar Teknik............................................................................ 3
2.1.2
Tujuan Menggambar Teknik................................................................... 4
2.2 Jenis-Jenis Garis............................................................................................ 5
2.3 Gambar Proyeksi........................................................................................... 6
2.2.1
Proyeksi Eropa........................................................................................ 7
2.2.2
Proyeksi Amerika.................................................................................... 8
2.2.3 Proyeksi Aksonometri............................................................................. 9
2.2.5
Proyeksi Perspektif.................................................................................. 11
2.3
Gambar Dua Dimensi Dan Tiga Dimensi..................................................... 11
2.3.1
Gambar Dua Dimensi.............................................................................. 11
2.3.2
Gambar Tiga Dimensi............................................................................. 12
2.4
Potongan....................................................................................................... 12
2.4.1
Jenis-Jenis Potongan............................................................................... 13
2.4.2
Bagian Gambar Yang Tidak Boleh Dipotong......................................... 18
BAB III
PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA............................ 17
3.1 Pengumpulan Data........................................................................................ 17
3.1.1
Deskripsi Produk..................................................................................... 17
3.1.2 Gambar Produk....................................................................................... 17
3.2
Pengolahan Data........................................................................................... 18
3.2.1
Tiga Dimensi 2D Wireframe................................................................... 18
3.2.2
Tiga Dimensi Realistic............................................................................ 18
3.2.3
Kompen Baki 2D dan 3D........................................................................ 19
3.2.4
Komponen Baut 2D Dan 3D................................................................... 19
3.2.4
Komponen Pegangan 2D Dan 3D........................................................... 20
3.2.5
Komponen Mur 2D Dan 3D.................................................................... 20
3.2.6
Komponen Roda 2D Dan 3D.................................................................. 21
BAB
IV ANALISIS PRODUK.......................................................................... 22
BAB
V KESIMPULAN...................................................................................... 23
5.1 Kesimpulan................................................................................................... 23
5.2 Saran............................................................................................................. 23
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................... 24
Lampiran............................................................................................................. 25
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1 Contoh Penggunaan Variasi Jenis Garis.......................................... 5
Gambar 2.2 Proyesi Eropa Atau Proyeksi Sudut Pertama.................................. 7
Gambar 2.3 Proyeksi Amerika Atau Proyeksi Sudut Ketiga.............................. 8
Gambar 2.4 Isometri............................................................................................ 9
Gambar 2.5 Proyeksi Dimetri.............................................................................. 10
Gambar 2.6 Trimetri............................................................................................ 10
Gambar 2.7 Proyeksi Miring............................................................................... 11
Gambar 2.8 Kontruksi Gambar Perspektif.......................................................... 11
Gambar 2.9 Konsep Gambar Dua Dimensi......................................................... 12
Gambar 2.10 Potongan........................................................................................ 13
Gambar 2.11 Potongan Meloncat........................................................................ 13
Gambar 2.12 Potongan Menyudut...................................................................... 14
Gambar 2.13 Potongan Berdampingan................................................................ 14
Gambar 2.14 Potongan Separuh.......................................................................... 15
Gambar 2.15 Potongan Penuh............................................................................. 15
Gambar 2.16 Potongan Putar............................................................................... 16
Gambar 3.1 Foto Produk..................................................................................... 17
Gambar 3.2 Semua Bagian 2D Wireframe.......................................................... 18
Gambar 3.3 Semua Bagian Realistic................................................................... 18
Gambar 3.4 Baki 2D Dan 3D ............................................................................. 19
Gambar 3.5 Baut 2D Dan 3D.............................................................................. 19
Gambar 3.6 Pegangan 2D Dan 3D...................................................................... 20
Gambar 3.7 Mur 2D Dan 3D............................................................................... 20
Gambar 3.8 Roda 2D Dan 3D............................................................................. 21
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Jenis-Jenis Garis Dan Penggunaanya................................................... 6
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Menggambar teknik merupakan salah satu mata kuliah
yang terdapat dalam Program Studi Teknik Industri yang mempelajari tentang
cara-cara menggambar dengan berbasis keteknikan. Mata kuliah ini wajib untuk
diambil, sehingga untuk melengkapi dan memahami dalam proses pembelajaran
menggambar teknik ini dilakukanlah praktikum. Perancangan alat ini dapat
dilakukan secara manual ataupun dengan software.
Menggambar teknik dilakukan untuk mempermudah pembuatan komponen-komponen serta
keterangannya. Menggambar teknik juga berguna dalam pengaplikasiannya di
lapangan kerja. Era globalisasi yang saat ini terjadi mengakibatkan teknologi
tersebar dengan cepat, komputer pun tidak asing lagi bagi masyarakat. Gambar
teknik yang dahulu hanya digambar secara
manual sekarang dapat dipermudah dengan adanya teknologi komputer yang
dapat menciptakan software untuk
menggambar teknik menjadi lebih mudah. Aplikasi tersebut contohnya AutoCAD dan
lain sebagainya.
Penggunaan software untuk membuat
gambar teknik memiliki kelebihan, yakni mudah digunakan dan mempercepat
pekerjaan, ukuran yang dihasilkan juga tepat. Menggambar teknik secara manual
juga sangatlah penting, karena sebagian besar menggambar teknik lebih menggunakan
metode manual. Penggunaan metode manual dapat melatih keterampilan tangan.
Penggunaan metode manual maupun metode software
dalam menggambar teknik keduanya tetap penting, oleh karena itu dipelajari juga
metode pembuatan gambar teknik dengan menggunakan software.
Menginovasikan suatu produk atau konsep merupakan cara yang tepat untuk
memberi fungsi lain atau nilai lebih pada suatu benda. Desain produk merupakan
suatu kegiatan untung merancang suatu produk barang baik baru maupun
pengembangan dari produk yang sudah ada. Menginovasikan sebuah pengki agar
memiliki model yang berbeda yaitu memiliki roda, sehingga pengki tidak perlu
diangkat untuk memindahkannya.
1.2 Tujuan Praktikum Menggambar Teknik
Tujuan Praktikum dalam mengggambar
teknik yaitu:
1.
Memahami
ruang lingkup kerja dari Gambar Teknik.
2.
Memahami proses menggambar teknik.
3.
Memahami fungsi Gambar Teknik.
4.
Dapat membuat Gambar Teknik.
5.
Memahami perintah-perintah yang ada di AutoCAD.
6.
Memahami proses pembuatan model 2 dimensi di AutoCAD.
7.
Memahami proses pembuatan model 3 dimensi di AutoCAD.
8.
Dapat membuat objek 2D dan 3D.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1 Pengertian Gambar Teknik
Gambar teknik adalah gambar yang dibuat dengan menggunakan
cara-cara, ketentuan-ketentuan, aturan-aturan yang telah disepakati bersama
oleh para ahli teknik. Gambar mungkin berbentuk banyak, tetapi metode membuat
gambar yang sangat jelas adalah sebuah bentuk alami dasar dari komunikasi
ide-ide yang umum, pada dunia keteknikan gambar yang berkaitan dengan
keteknikan inilah yang dinamakan dengan gambar teknik. Gambar teknik bisa juga di istilahkan dengan gambar
yang bersifat tegas, terdiri dari garis-garis, simbol-simbol serta tulisan
tegak yang telah disepakati atau mempunyai standar tertentu.
2.1.1 Fungsi Gambar Teknik
Gambar teknik diadakan dalam lingkungan industri
karena menggambar teknik memiliki fungsi dalam lingkungan industri tersebut.
Fungsi-fungsi yang ada dalam gambar teknik bukan hanya untuk dunia industri
saja, namun dapat berguna untuk masyarakat umum misalnya untuk dijadikan
latihan dalam menggambar teknik. Fungsi gambar teknik di lingkungan industri
adalah sebagai berikut:
1.
Menyampaikan Informasi
Benda dibuat, maka dilakukan perancangan benda
tersebut terlebih dahulu dalam bentuk gambar, dalam hal ini gambar memiliki
fungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi dari pihak perencana atau
perancang kepada pihak pembuat (operator). Dalam suatu proyek, yang menerima
informasi berupa gambar sebenarnya bukan hanya operator, tetapi masih ada
beberapa pihak lain yang bersangkutan, misalnya bagian perencanaan proses
produksi, bagian pengontrol selama produksi, perakitan, bagian servis dan sebagainya.
2.
Bahan Dokumentasi, Pengawetan Dan Penyimpanan
Gambar teknik merupakan dokumen yang sangat penting
dalam suatu perusahaan industri, dimana data teknis mengenai suatu produk
tercantum secara padat disana. Mendokumentasikan gambar berarti pula mengawetkan
dan menyimpan gambar itu untuk dipergunakan sebagai bahan informasi bagi
rencana-rencana baru dikemudian hari.
3.
Menuangkan Gagasan Untuk Pengembangan
Gagasan seseorang perancang untuk membuat benda-benda
teknik mula-mula berupa konsep abstrak dalam pikirannya. Konsep abstrak itu
kemudian dituangkan ke dalam bentuk gambar. Bagi perancang gambar dapat
meningkatkan daya pikirannya untuk pengembangan gagasan lebih lanjut. Kemudian
gambar itu dianalisa dan dievaluasi. Proses ini diulang-ulang sehingga dapat diperoleh
gambar yang sempurna.
4.
Gambar Sebagai Bahasa Teknik
Bahasa Teknik adalah suatu metode yang
digunakan seseorang untuk menyampaikan maksud gambar dalam proses komunikasi,
penyampaian informasi agar tujuannya dapat sampai dengan benar dan dipahami. Gambar
yang dibuat harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif.
Keterangan-keterangan dalam gambar yang tidak dapat dinyatakan dengan
penggunaan bahasa harus diberikan lambang-lambang, kode-kode dan simbol-simbol
yang memiliki satu arti, satu maksud dan satu tujuan. Jumlah banyak dan tingkat
mutu keterangan yang dapat diberikan dalam bentuk gambar, tergantung dari
kemampuan dan bakat dari perancang gambar.
2.1.2 Tujuan Menggambar Teknik
Peraturan-peraturan
gambar dimulai dengan persetujuan bersama antara orang-orang bersangkutan, dan
kemudian telah menjadi bentuk standard perusahaan. Bersama dengan meluasnya
dunia usaha, keperluan standar perdagangan dan standar nasional meningkat. Pada
tahun-tahun belakangan ini, peningkatan pembagian kerja secara internasional,
perkenalan dengan teknologi asing, telah mengharuskan internasional gambar.
Agar tujuan ini dapat dicapai,
penunjukan-penunjukan dalam gambar harus sama secara internasional, maupun
ketentuan-ketentuan dari pengertian cara-cara penunjukkanan dan lambang harus
diseragamkan secara internasional. Lagi pula suatu bahasa tertentu tidak boleh
dicantumkan pada gambar. Penggunaan lambang internasional diperlukan, dari pada
catatan tertulis pada gambar.
2.2
Jenis-Jenis Garis
Didalam menggambara teknik ada beberapa
jenis garis yang semuanya memiliki maksud dan arti
sendiri-sendiri. Penggunaan setiap jenis garis yang dipilih harus sesuai dengan
maksud dan tujuannya.
Jenis-jenis garis
yang dipakai dalam menggambar teknik ditentukan oleh gabungan bentuk dan tebal
garis, berdasarkan standard yang telah ditetapkan ada empat jenis garis:
1. Garis nyata (garis tidak terputus).
2. Garis gores (garis dengan motif putus-putus pendek).
3. Garis bergores
tunggal (garis dengan goresan pendek di antara goresan panjang).
4. Garis bergores
ganda.
Selain bentuk,
harus diperhatikan juga ketebalan garis ang digunakan berdasarkan tebalnya,
garis dibagi menjadi dua jenis, yaitu garis tebal dan garis tipis,
masing-masing kegunaannya. Contoh dari penggunaan variasi garis dan tabel
keterangannya.
(Sumber:
Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)

(sumber: https://sujanayogi.files.wordpress.com)
2.3
Gambar Proyeksi
Gambar proyeksi adalah gambar bayangan suatu benda
yang berasal dari benda nyata atau imajiner yang dituangkan dalam bidang gambar
menurut cara-cara tertentu. Cara-cara tersebut berkenaan dengan arah garis
proyeksi yang meliputi sejajar (paralel) dan memusat (sentral). Arah yang
sejajar terdiri atas sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar dan sejajar
akan tetapi miring terhadap bidang gambar.
Berdasarkan arah garis proyeksi
tersebut dikenal berbagai jenis gambar proyeksi. Garis proyeksi yang sejajar
tegak lurus terhadap bidang gambar menghasilkan gambar proyeksi orthogonal yang
terdiri dari proyeksi Eropa, proyeksi Amerika, dan proyeksi Aksonometri. Garis
proyeksi yang sejajar tetapi miring terhadap bidang gambar menghasilkan
proyeksi Oblik (miring), sementara garis proyeksi yang memusat (sentral)
terhadap bidang gambar menghasilkan gambar perspektif.
2.2.1 Proyeksi Eropa
Benda
yang akan kita proyeksikan harus kita rencanakan mana yang kita anggap sebagai
pandangan depan, misalnya A adalah pandangan depan, B adalah pandangan atas, C
adalah pandangan kiri, D Pandangan Kanan, E pandangan bawah, dan F pandangan
Belakang ditunjukkan oleh anak panah, ini menunjukkan dari arah mana pengamat akan
memproyeksikan, kemudian benda kita masukkan kedalam kubus yang transparan (tembus
pandang). Dengan ketentuan dari proyeksi eropa di atas, maka gambar proyeksi
pandangan depan (A) ada dibidang sisi belakang dari kubus, gambar proyeksi
pandangan atas (B) ada di sisi bawah, gambar proyeksi pandangan kiri (C) ada di
sisi kanan, Gambar proyeksi pandangan kanan (D) ada di sisi kiri, gambar
proyeksi pandangan bawah (E) ada dibidang sisi atas dan gambar proyeksi belakang
ada dibidang sisi depan.
Kemudian
sebagian dari rusuk-rusuk dari kubus tersebut kita potong dan bidang sisinya
kita rebahkan kebidang belakang dari kubus, sehingga menjadi satubidang dengan gambar
proyeksi pandangan depan, bila garis-garis rusuk
kubus tersebut kita hilangkan, maka terlihat hasil proyeksi Eropa.
Ciri-ciri dari hasil proyeksi Eropa:
1.
Pandangan atas terletak dibawah pandangan depan.
2.
Pandangan kiri terletak dikanan pandangan depan.
3.
Pandangan kiri terletak di kiri pandangan depan.
4.
Panfangan bawah terletak di atas pandangan depan
(Sumber:
Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
2.2.2 Proyeksi Amerika
Ketentuan
dari proyeksi Amerika, bidang proyeksi terletak antara pengamat dan benda. Cara
memproyeksikannya, benda yang akan kita proyeksikan kita ambil sama dengan
benda yang diproyeksikan dengan cara Eropa, termasuk arah memandangnya, kemudian
benda kita masukkan dalam kubus yang transparan (tembus pandang). Ketentuan dari
proyeksi Amerika di atas, maka gambar proyeksi pandangan depan (A) ada dibidang
sisi depan kubus, gambar proyeksi pandangan atas (B) ada di bidang atas,
Pandangan sisi kiri (C) ada di sisi kiri, pandangan sisi kanan (D) ada di sisi
kanan, pandangan bawah (E) ada di sisi bawah, pandangan sisi belakang (F) ada
di belakang lihat, kemudian sebagian dari rusuk-rusuk dari kubus tersebut kita
potong dan bidang sisinya kita rebahkan kebidang belakang dari kubus, sehingga
menjadi satu bidang dengan gambar proyeksi pandangan depan. Garis-garis rusuk kubus tersebut kita hilangkan, maka
terlihat hasil proyeksi Amerika seperti pada.
Ciri-ciri dari hasil
proyeksi Amerika:
1. Pandangan
atas terletak di atas pandangan depan.
2. Pandangan
kiri terletak dikiri pandangan depan.
3. Pandangan
kiri terletak di kanan pandangan depan.
4. Pandangan
bawah terletak di bawah pandangan depan.
(Sumber:
Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
2.2.3 Proyeksi Aksonometri
Aksonometri merupakan sebuah sebutan umum untuk
pandangan yang dihasilkan oleh garis-garis proyeksi suatu benda. Penggabaran ini
garis-garis proyeksi ditarik tegak lurus terhadap bidang proyeksi. Aksonometri
merupakan salah satu modifikasi penggambaran satu bentuk yang berskala. Gambar
aksonometri berguna untuk dapat lebih menjelaskan bentuk suatu bangunan, baik
itu bentuk bangunan seutuhnya, potongan bangunan yang memperlihatkan struktur
atau interiornya, datail bangunan atau sampai menunjukan skema utilitas suatu
bangunan. Jenis proyeksi Aksonometri dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
a) Isometri
Proyeksi Isometri ialah suatu proyeksi
yang mempunyai perbandingan panjang antara ketiga sumbunya, yaitu x : y : z
adalah 1 : 1 : 1, sedangkan jarak antar sumbu membentuk sudut sebesar 120
derajat. Pada proyeksi ini ciri yang paling mendasar adalah besar sudut antara
sumbu x dan y terhadap garis mendatar adalah 30 derajat.
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
b)
Dimetri
Dibandingkan dengan proyeksi isometri, proyeksi
dimetri mempunyai perbedaan mendasar, yaitu : besar sudut sumbu x dan y,
terhadap garis horizontal dan perbandingan sumbu x, y dan z. Dimetri yang
berarti dua ukuran merupakan pengembangan atau modifikasi dari bentuk
Isometri dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi diubah untuk memberikan kesan
nyata. Biasanya menggunakan perbandingan 2:2:1 atau 3:3:1. dalam gambar dimetri
terdapat masing-masing dua macam skala dan sudut kemiringan.
Proyeksi Dimetri adalah bagian dari proyeksi
aksonometri dengan ketentuan untuk skala pemendekan dengan arah sumbu x, y dan
z minimal dua arah sumbu memiliki besar pemendekan yang sama sedangkan kedua
sudut proyeksi boleh sama atau tidak sama sekali. Disebut proyeksi dimetri,
bila skala perpendekan dari dua rusuk dan dua sudut dari ketiga sudut yang
dibentuk oleh ketiga rusuk yang berpotongan pada satu titik adalah sama.
(Sumber
Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
c. Trimetri
Pada proyeksi trimetri
harga ketiga sudut proyeksi benda tidak sama, yang mengakibatkan garis tepi
dari benda tidak sama, seperti pada gambar dbawah ini:
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
d. Proyeksi
miring
Proyeksi miring adalah suatu proyeksi
dimana garis-garis proyeksinya tidak tegak lurus bidang proyeksi tetapi
membentuk sudut sembarang dengan permukaan depan dari benda pada proyeksi
diletakkan dengan bidang proyeksi, sehingga bentuk permukaan depan terlihat
seperti sebenarnya, seperti pada gambar:
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut
Standar ISO)
2.2.5 Proyeksi Perspektif
Proyeksi perspektif adalah cara penggambaran
pandangan tunggal di mana dalam menggambarkan gambar proyeksinya, garis-garis
sejajar dalam salah satu atau dua dimensinya, bertemu pada satu titik yang
disebut titik hilang. Oleh karena itu, gambar ini disebut juga sebagai gambar
proyeksi titik hilang. Pada proyeksi ini tidak ada satu garis pun yang
ukurannya tepat seperti bendanya.
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut
Standar ISO)
2.3 Gambar
2 Dimensi dan 3 Dimensi
2.3.1 Gambar 2 Dimensi
Proyeksi dua
dimensi merupakan penerjemahan suatu benda bentuk tiga dimensi kedalam bentuk
dua dimensi, artinya suatu benda tersebut digambarkan hanya dari salah satu
sudut pandang, dan oleh sebab itu gambar proyeksi dua dimensi hanya memiliki
dua komponen ukuran, yaitu panjang dan lebar. Kekurangan satu elemen ukuran
yang lain yaitu ukuran tinggi dikompensasi dengan di buatkan proyeksi dari
sudut pandang yang lain yang dapat memperlihatkan ketinggian benda tersebut.
Apabila benda yang hendak diproyeksikan memiliki kerumitan yang tinggi,
tidak menutup kemungkinan gambar proyeksi yang di buat menampilkan proyeksi dua
dimensi diusahakan menampilkan sesedikit mungkin pandangan dengan
memperlihatkan faktor kerapihan dan kemudahan pembaca gambar.
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut
Standar ISO)
2.3.2 Gambar 3 Dimensi
Tiga dimensi
atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang
memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam
bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Gambar tiga dimensi merupakan
teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar), sumbu
y (tegak), dan sumbu z (miring).
2.4 Potongan
Potongan
(irisan) adalah letak gambar yang tersembunyi atau menutupi bagian gambar
tersebut, misalnya kita ingin menggambar sebuah rumah, alangkah rumitnya jika
menggambar pada bagian dalam rumah tersebut. Fungsi potongan ialah
memperihatkan bagian-bagian dalam gambar tersebut untuk ditampilkan dengan
jelas, sehingga bagian yang sulit kita lihat dapat terlihat dengan jelas.
Berikut ini contoh gambar yang memperlihatkan sebuah
benda yang tidak dapat kelihatan bagianya. Bagian ini dapat dinyatakan dengan
garis gores, jika benda ini dipotong, maka bentuk dalamnya akan lebih jelas
lagi, dengan memperlihatkan cara memotong pada sisi bagian benda setelah bagian
yang menutupi disingkirkan. Gambar sisi ini diproyeksikan ke bidang potong, dan
hasilnya disebut potongan.
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut
Standar ISO)
Gambarnya
diselesaikan dengan garis tebal, dalam hal ini bagian yang terletak dibelakang
potongan tidak berlu digambar, hanya jika bagian ini di perlukan maka bagian
dibelakang potongan ini digambar dengan garis gores.
2.4.1 Jenis-Jenis Potongan
1) Potongan
Meloncat
Sebuah benda yang dipotong menurut garis
potong A-A, sebenarnya bidang potongannya
terdiri atas dua bidang, dalam hal ini dapat disatukan, dengan demikian
potongan tersebut dinamakan potongan meloncat. Cara untuk menyederhanaka gambar
dan penghematan waktu potongan-potongan dalam beberapa bidang sejajar dapat
disatukan seperti gambar dibawah ini.
(Sumber: Buku Menggambar
Mesin Menurut Standar ISO
) a. Potongan
Menyudut
Bagian simetrik dapat digambarkan pada dua
potong bidang yang saling berpotongan. Satu bidang potong merupakan potongan
utama, sedangkan bidang potongan yang lain menyudut dengan bidang pertama,
proyeksi pada bidang terakhir ini, diselesaikan menurut aturan-aturan yang
berlaku, diputar dengan berhimpit pada bidang proyeksi pertama. Berikut ini
contoh gambar potongan dua bidang menyudut:
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut
Standar ISO)
b. Potongan
bidang berdampingan
Seperti contoh potongan pada pipa berbentuk
elbo dapat dibuat dengan bidang yang berdampingan melalui garis sumbunya,
berikut ini adalah contoh gambarnya:
(Sumber: Buku Menggambar
Mesin Menurut Standar ISO
4 c. Potongan
Separuh
Bagian-bagian simetrik dapat digambar
setengahnya sebagai gambar potongan dan setengahnya lagi sebagai pandangan.
Perhatikan contoh gambar dibawah ini, dalam gambar ini garis-garis yang
tersembunyi tidak perlu digambar dengan garis gores lagi, karena jelas pada
gambar potongan:
(Sumber:
Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
d. Potongan
penuh
Potongan penuh terjadi ketika bidang
potongan melalui benda seutuhnya. Contohnya seperti gambar dibawah ini:
(Sumber:
Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
6 e. Potongan
putar
Benda-benda tertentu seperti ruji roda,
engkol, poly, gear rantai, dan sebagainya, dapat digambarkan setelah potonganya
diputar atau kemudian dipindahkan ketempat lain. Perhatikan gambar dibawah ini,
ada sedikit perbedaan pada kedua gambar tersebut, yaitu yang pertama digambar
dengan garis tipis, sedangkan yang kedua dengan garis tebal biasa.
BAB III
PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA
3.1 Pengumpulan Data
3.1.1 Deskripsi
Produk
Pengki merupakan perkakas kebersihan, pada umumnya digunakan
bersama-sama dengan sapu. Pengki memiliki bentuk seperti sekop yang datar. Alat ini merupakan alat yang biasa ada di
dalam rumah tangga, tetapi juga digunakan secara bervariasi dalam industri dan
komersial. Pengki yang lebih modern dipasangkan pada semacam tongkat silindris
sehingga penggunanya tak perlu terlalu sering membungkuk. Pengki juga dikenal
dengan istilah nama cikrak dalam bahasa jawa, biasanya terbuat dari bambu yang
dianyam tanpa gagang. Biasanya dijual bersama dengan tempat sampah bambu
sebagai pasangan alat kebersihan yang berbasis lingkungan. Produk yang
saya kerjakan ini yaitu pengki yang ada rodanya supaya ibu-ibu bisa mengambil
sampah di halaman kalaupun berat bisa dengan cara mendorongnya.
BAB IV
ANALISIS
Berdasarkan dari pengolahan data yang telah dilakukan mengenai produk
yang telah diinovasikan dalam pembuatan gambar produk baik 2D maupun 3D. Praktikum
yang telah dilakukan selama satu semester mengenai perancangan gambar teknik, menggunakan
program AutoCAD. Pemanfaatan aplikasi AutoCAD ini dapat mempermudah seseorang
dalam mendeskripsikan objek yang akan dirancang dengan memberikan informasi
tentang produk tersebut dengan jelas dan rinci. Menggunakan sofware AutoCAD, objek yang kita rancang
baik itu ukuran maupun bentuk dari gambar yang dibuat dapat mendeskripsikan
segala aspek yang ada dalam objek nyata produk tersebut. Aplikasi AutoCAD
sangat bermanfaat dalam perancangan desain suatu produk di perusahaan, produk
yang dapat dibuat memiliki 1 komponen, dengan menggunakan aplikasi AutoCAD kita
dapat mensimulasikan bentuk gambar dengan sudut pandang yang berbeda-beda.
Setiap produk yang kita buat pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dan kekurangan produk yaitu:
Kelebihan:
1. Tidak
usah untuk menggangkat pengki karena sudah ada roda jadi tinggal ditarik tidak
usah di angkat.
2. Tidak
memerlukan banyak tenaga, pengki hanya dapat ditarik.
3. Bisa
digunakan untuk kaum (disabilitas) orang buta, sebagai pengganti tongkat saat
membersihkan area halaman.
Kekurangan:
1. Tidak
mempunyai tempat untuk ditempel di dinding.
BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan maka hasil akhir dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Produk
ini terdiri dari 5 komponen.
2. Lamanya
perancangan yang telah dikerjakan selama 2 hari.
3. Dengan
adanya produk inovasi ini, maka dapat menjadi pilihan produk dalam pembelian
alat rumah tangga.
4. Dalam
produk ini memiliki penambahan fungsi yang berbeda dari produk pengki yang ada
di pasaran.
5.2 Saran
Hasil pembuatan produk telah diselesaikan, maka dapat disarankan sebagai
berikut:
1. Menambahkan
inovasi lainnya sehingga pengki tidak jadi merepotkan ibu-ibu rumah tangga.
2. Dapat
menjadi inspirasi produk dalam praktikum menggambar teknik
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Muhtar, 2015. Pengertian Dan Fungsi Gambar Teknik. Dikutip
dari http://www.autocadtangerang.com/2015/11/pengertian-dan-fungsi-gambar-teknik.html (Dikutip tanggal 19-Mei-2017 Jam 09.59)
Nugroho Andika, 2014. Jenis-Jenis Garis Gambar Teknik. Dikutip
dari http://andikadn.blogspot.co.id/2014/02/jenis-jenis-garis-gambar-teknik.html (Dikutip tanggal 20-Mei-2017 Jam 01.13)
Sii Black Crow Jhon, Jenis-Jenis Potongan Pada Teknik A. Dikutip
dari https://www.academia.edu/8740800/JENIS_JENIS_POTONGAN_PADA_GAMBAR_TEKNIK_A (Dikutip tanggal 23-Mei-2017 Jam 10.45)
Lampiran
Komentar
Posting Komentar