LEMBAR PENGESAHAN



PRAKTIKUM MENGGAMBAR TEKNIK
LAPORAN AKHIR
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI – FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS WIDYATAMA
Oleh:
Nama   : Peri Anggara Putra
NPM   : 0516101066
Telah Disetujui dan Disahkan di Bandung, Tanggal _______________
Menyetujui,
Asisten Praktikum Menggambar Teknik




(Hamzah Agung Azhari)                                                         (Abdullah Musa)
Mengesahkan,
Instruktur Praktikum Menggambar Teknik





(Rendiyatna Ferdian, S.T.)



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan kita kesehatan, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan Laporan Praktikum Menggambar Teknik ini dengan judul “Membuat Pengki yang ada rodanya”. Laporan Praktikum Menggambar Teknik ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Laporan Praktikum Menggambar Teknik. Dalam Laporan ini mengulas tentang Menciptakan Produk sudah ada dan juga penulis dapat menginovasinya.
Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun Laporan Praktikum Menggambar Teknik ini. Penulis juga berharap semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Dengan segala kerendahan hati, kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan dari para pembaca guna untuk meningkatkan dan memperbaiki pembuatan Laporan Praktikum Menggambar Teknik pada waktu mendatang.








Bandung,     Juni 2017

Peri Anggara Putra


DAFTAR ISI


Halaman
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................ i
KATA PENGANTAR........................................................................................ ii
DAFTAR ISI....................................................................................................... iii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang.............................................................................................. 1
1.2 Tujuan Praktikum Menggambar Teknik....................................................... 2
BAB II LANDASAN TEORI............................................................................. 3
2.1 Pengertian Gambar Teknik........................................................................... 3
2.1.1 Fungsi Gambar Teknik............................................................................ 3
2.1.2 Tujuan Menggambar Teknik................................................................... 4
2.2 Jenis-Jenis Garis............................................................................................ 5
2.3 Gambar Proyeksi........................................................................................... 6
2.2.1 Proyeksi Eropa........................................................................................ 7
2.2.2 Proyeksi Amerika.................................................................................... 8
2.2.3 Proyeksi Aksonometri............................................................................. 9
2.2.5 Proyeksi Perspektif.................................................................................. 11
2.3 Gambar Dua Dimensi Dan Tiga Dimensi..................................................... 11
2.3.1 Gambar Dua Dimensi.............................................................................. 11
2.3.2 Gambar Tiga Dimensi............................................................................. 12
2.4 Potongan....................................................................................................... 12
2.4.1 Jenis-Jenis Potongan............................................................................... 13
2.4.2 Bagian Gambar Yang Tidak Boleh Dipotong......................................... 18
BAB III PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA............................ 17
3.1 Pengumpulan Data........................................................................................ 17
3.1.1 Deskripsi Produk..................................................................................... 17
3.1.2 Gambar Produk....................................................................................... 17
3.2 Pengolahan Data........................................................................................... 18
3.2.1 Tiga Dimensi 2D Wireframe................................................................... 18


3.2.2 Tiga Dimensi Realistic............................................................................ 18
3.2.3 Kompen Baki 2D dan 3D........................................................................ 19
3.2.4 Komponen Baut 2D Dan 3D................................................................... 19
3.2.4 Komponen Pegangan 2D Dan 3D........................................................... 20
3.2.5 Komponen Mur 2D Dan 3D.................................................................... 20
3.2.6 Komponen Roda 2D Dan 3D.................................................................. 21
BAB IV ANALISIS PRODUK.......................................................................... 22
BAB V KESIMPULAN...................................................................................... 23
5.1 Kesimpulan................................................................................................... 23
5.2 Saran............................................................................................................. 23
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 24
Lampiran............................................................................................................. 25



DAFTAR GAMBAR

Halaman
Gambar 2.1 Contoh Penggunaan Variasi Jenis Garis.......................................... 5
Gambar 2.2 Proyesi Eropa Atau Proyeksi Sudut Pertama.................................. 7
Gambar 2.3 Proyeksi Amerika Atau Proyeksi Sudut Ketiga.............................. 8
Gambar 2.4 Isometri............................................................................................ 9
Gambar 2.5 Proyeksi Dimetri.............................................................................. 10
Gambar 2.6 Trimetri............................................................................................ 10
Gambar 2.7 Proyeksi Miring............................................................................... 11
Gambar 2.8 Kontruksi Gambar Perspektif.......................................................... 11
Gambar 2.9 Konsep Gambar Dua Dimensi......................................................... 12
Gambar 2.10 Potongan........................................................................................ 13
Gambar 2.11 Potongan Meloncat........................................................................ 13
Gambar 2.12 Potongan Menyudut...................................................................... 14
Gambar 2.13 Potongan Berdampingan................................................................ 14
Gambar 2.14 Potongan Separuh.......................................................................... 15
Gambar 2.15 Potongan Penuh............................................................................. 15
Gambar 2.16 Potongan Putar............................................................................... 16
Gambar 3.1 Foto Produk..................................................................................... 17
Gambar 3.2 Semua Bagian 2D Wireframe.......................................................... 18
Gambar 3.3 Semua Bagian Realistic................................................................... 18
Gambar 3.4 Baki 2D Dan 3D ............................................................................. 19
Gambar 3.5 Baut 2D Dan 3D.............................................................................. 19
Gambar 3.6 Pegangan 2D Dan 3D...................................................................... 20
Gambar 3.7 Mur 2D Dan 3D............................................................................... 20
Gambar 3.8 Roda 2D Dan 3D............................................................................. 21

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Jenis-Jenis Garis Dan Penggunaanya................................................... 6



BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Menggambar teknik merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat dalam Program Studi Teknik Industri yang mempelajari tentang cara-cara menggambar dengan berbasis keteknikan. Mata kuliah ini wajib untuk diambil, sehingga untuk melengkapi dan memahami dalam proses pembelajaran menggambar teknik ini dilakukanlah praktikum. Perancangan alat ini dapat dilakukan secara manual ataupun dengan software. Menggambar teknik dilakukan untuk mempermudah pembuatan komponen-komponen serta keterangannya. Menggambar teknik juga berguna dalam pengaplikasiannya di lapangan kerja. Era globalisasi yang saat ini terjadi mengakibatkan teknologi tersebar dengan cepat, komputer pun tidak asing lagi bagi masyarakat. Gambar teknik yang dahulu hanya digambar secara manual sekarang dapat dipermudah dengan adanya teknologi komputer yang dapat menciptakan software untuk menggambar teknik menjadi lebih mudah. Aplikasi tersebut contohnya AutoCAD dan lain sebagainya.
Penggunaan software untuk membuat gambar teknik memiliki kelebihan, yakni mudah digunakan dan mempercepat pekerjaan, ukuran yang dihasilkan juga tepat. Menggambar teknik secara manual juga sangatlah penting, karena sebagian besar menggambar teknik lebih menggunakan metode manual. Penggunaan metode manual dapat melatih keterampilan tangan. Penggunaan metode manual maupun metode software dalam menggambar teknik keduanya tetap penting, oleh karena itu dipelajari juga metode pembuatan gambar teknik dengan menggunakan software.
Menginovasikan suatu produk atau konsep merupakan cara yang tepat untuk memberi fungsi lain atau nilai lebih pada suatu benda. Desain produk merupakan suatu kegiatan untung merancang suatu produk barang baik baru maupun pengembangan dari produk yang sudah ada. Menginovasikan sebuah pengki agar memiliki model yang berbeda yaitu memiliki roda, sehingga pengki tidak perlu diangkat untuk memindahkannya.

1.2 Tujuan Praktikum Menggambar Teknik

Tujuan Praktikum dalam mengggambar teknik yaitu:
1.      Memahami ruang lingkup kerja dari Gambar Teknik.
2.      Memahami proses menggambar teknik.
3.      Memahami fungsi Gambar Teknik.
4.      Dapat membuat Gambar Teknik.
5.      Memahami perintah-perintah yang ada di AutoCAD.
6.      Memahami proses pembuatan model 2 dimensi di AutoCAD.
7.      Memahami proses pembuatan model 3 dimensi di AutoCAD.
8.      Dapat membuat objek 2D dan 3D.


BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Gambar Teknik

Gambar teknik adalah gambar yang dibuat dengan menggunakan cara-cara, ketentuan-ketentuan, aturan-aturan yang telah disepakati bersama oleh para ahli teknik. Gambar mungkin berbentuk banyak, tetapi metode membuat gambar yang sangat jelas adalah sebuah bentuk alami dasar dari komunikasi ide-ide yang umum, pada dunia keteknikan gambar yang berkaitan dengan keteknikan inilah yang dinamakan dengan gambar teknik. Gambar teknik bisa juga di istilahkan dengan gambar yang bersifat tegas, terdiri dari garis-garis, simbol-simbol serta tulisan tegak yang telah disepakati atau mempunyai standar tertentu.

2.1.1 Fungsi Gambar Teknik

Gambar teknik diadakan dalam lingkungan industri karena menggambar teknik memiliki fungsi dalam lingkungan industri tersebut. Fungsi-fungsi yang ada dalam gambar teknik bukan hanya untuk dunia industri saja, namun dapat berguna untuk masyarakat umum misalnya untuk dijadikan latihan dalam menggambar teknik. Fungsi gambar teknik di lingkungan industri adalah sebagai berikut:
1.      Menyampaikan Informasi
Benda dibuat, maka dilakukan perancangan benda tersebut terlebih dahulu dalam bentuk gambar, dalam hal ini gambar memiliki fungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi dari pihak perencana atau perancang kepada pihak pembuat (operator). Dalam suatu proyek, yang menerima informasi berupa gambar sebenarnya bukan hanya operator, tetapi masih ada beberapa pihak lain yang bersangkutan, misalnya bagian perencanaan proses produksi, bagian pengontrol selama produksi, perakitan, bagian servis dan sebagainya.
2.      Bahan Dokumentasi, Pengawetan Dan Penyimpanan
Gambar teknik merupakan dokumen yang sangat penting dalam suatu perusahaan industri, dimana data teknis mengenai suatu produk tercantum secara padat disana. Mendokumentasikan gambar berarti pula mengawetkan dan menyimpan gambar itu untuk dipergunakan sebagai bahan informasi bagi rencana-rencana baru dikemudian hari.
3.      Menuangkan Gagasan Untuk Pengembangan
Gagasan seseorang perancang untuk membuat benda-benda teknik mula-mula berupa konsep abstrak dalam pikirannya. Konsep abstrak itu kemudian dituangkan ke dalam bentuk gambar. Bagi perancang gambar dapat meningkatkan daya pikirannya untuk pengembangan gagasan lebih lanjut. Kemudian gambar itu dianalisa dan dievaluasi. Proses ini diulang-ulang sehingga dapat diperoleh gambar yang sempurna.
4.      Gambar Sebagai Bahasa Teknik
Bahasa Teknik adalah suatu metode yang digunakan seseorang untuk menyampaikan maksud gambar dalam proses komunikasi, penyampaian informasi agar tujuannya dapat sampai dengan benar dan dipahami. Gambar yang dibuat harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif. Keterangan-keterangan dalam gambar yang tidak dapat dinyatakan dengan penggunaan bahasa harus diberikan lambang-lambang, kode-kode dan simbol-simbol yang memiliki satu arti, satu maksud dan satu tujuan. Jumlah banyak dan tingkat mutu keterangan yang dapat diberikan dalam bentuk gambar, tergantung dari kemampuan dan bakat dari perancang gambar.

2.1.2 Tujuan Menggambar Teknik

Peraturan-peraturan gambar dimulai dengan persetujuan bersama antara orang-orang bersangkutan, dan kemudian telah menjadi bentuk standard perusahaan. Bersama dengan meluasnya dunia usaha, keperluan standar perdagangan dan standar nasional meningkat. Pada tahun-tahun belakangan ini, peningkatan pembagian kerja secara internasional, perkenalan dengan teknologi asing, telah mengharuskan internasional gambar.
Agar tujuan ini dapat dicapai, penunjukan-penunjukan dalam gambar harus sama secara internasional, maupun ketentuan-ketentuan dari pengertian cara-cara penunjukkanan dan lambang harus diseragamkan secara internasional. Lagi pula suatu bahasa tertentu tidak boleh dicantumkan pada gambar. Penggunaan lambang internasional diperlukan, dari pada catatan tertulis pada gambar.

2.2 Jenis-Jenis Garis

Didalam menggambara teknik ada beberapa jenis garis yang semuanya memiliki maksud dan arti sendiri-sendiri. Penggunaan setiap jenis garis yang dipilih harus sesuai dengan maksud dan tujuannya.
Jenis-jenis garis yang dipakai dalam menggambar teknik ditentukan oleh gabungan bentuk dan tebal garis, berdasarkan standard yang telah ditetapkan ada empat jenis garis:
1.      Garis nyata (garis tidak terputus).
2.      Garis gores (garis dengan motif putus-putus pendek).
3.      Garis bergores tunggal (garis dengan goresan pendek di antara goresan panjang).
4.      Garis bergores ganda.
Selain bentuk, harus diperhatikan juga ketebalan garis ang digunakan berdasarkan tebalnya, garis dibagi menjadi dua jenis, yaitu garis tebal dan garis tipis, masing-masing kegunaannya. Contoh dari penggunaan variasi garis dan tabel keterangannya.
Gambar 2.1 Contoh Penggunaan Variasi Jenis Garis
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)

Tabel 2.1 Jenis-Jenis Garis Dan Penggunaanya
 (sumber: https://sujanayogi.files.wordpress.com)

2.3 Gambar Proyeksi

Berdasarkan arah garis proyeksi tersebut dikenal berbagai jenis gambar proyeksi. Garis proyeksi yang sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar menghasilkan gambar proyeksi orthogonal yang terdiri dari proyeksi Eropa, proyeksi Amerika, dan proyeksi Aksonometri. Garis proyeksi yang sejajar tetapi miring terhadap bidang gambar menghasilkan proyeksi Oblik (miring), sementara garis proyeksi yang memusat (sentral) terhadap bidang gambar menghasilkan gambar perspektif.

2.2.1 Proyeksi Eropa

Benda yang akan kita proyeksikan harus kita rencanakan mana yang kita anggap sebagai pandangan depan, misalnya A adalah pandangan depan, B adalah pandangan atas, C adalah pandangan kiri, D Pandangan Kanan, E pandangan bawah, dan F pandangan Belakang ditunjukkan oleh anak panah, ini menunjukkan dari arah mana pengamat akan memproyeksikan, kemudian benda kita masukkan kedalam kubus yang transparan (tembus pandang). Dengan ketentuan dari proyeksi eropa di atas, maka gambar proyeksi pandangan depan (A) ada dibidang sisi belakang dari kubus, gambar proyeksi pandangan atas (B) ada di sisi bawah, gambar proyeksi pandangan kiri (C) ada di sisi kanan, Gambar proyeksi pandangan kanan (D) ada di sisi kiri, gambar proyeksi pandangan bawah (E) ada dibidang sisi atas dan gambar proyeksi belakang ada dibidang sisi depan.
Kemudian sebagian dari rusuk-rusuk dari kubus tersebut kita potong dan bidang sisinya kita rebahkan kebidang belakang dari kubus, sehingga menjadi satubidang dengan gambar proyeksi pandangan depan, bila garis-garis rusuk kubus tersebut kita hilangkan, maka terlihat hasil proyeksi Eropa.
Ciri-ciri dari hasil proyeksi Eropa:
1.      Pandangan atas terletak dibawah pandangan depan.
2.      Pandangan kiri terletak dikanan pandangan depan.
3.      Pandangan kiri terletak di kiri pandangan depan.
4.      Panfangan bawah terletak di atas pandangan depan
Gambar 2.2 Proyeksi Eropa Atau Proyeksi Sudut Pertama
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)

2.2.2 Proyeksi Amerika

Ketentuan dari proyeksi Amerika, bidang proyeksi terletak antara pengamat dan benda. Cara memproyeksikannya, benda yang akan kita proyeksikan kita ambil sama dengan benda yang diproyeksikan dengan cara Eropa, termasuk arah memandangnya, kemudian benda kita masukkan dalam kubus yang transparan (tembus pandang). Ketentuan dari proyeksi Amerika di atas, maka gambar proyeksi pandangan depan (A) ada dibidang sisi depan kubus, gambar proyeksi pandangan atas (B) ada di bidang atas, Pandangan sisi kiri (C) ada di sisi kiri, pandangan sisi kanan (D) ada di sisi kanan, pandangan bawah (E) ada di sisi bawah, pandangan sisi belakang (F) ada di belakang lihat, kemudian sebagian dari rusuk-rusuk dari kubus tersebut kita potong dan bidang sisinya kita rebahkan kebidang belakang dari kubus, sehingga menjadi satu bidang dengan gambar proyeksi pandangan depan. Garis-garis rusuk kubus tersebut kita hilangkan, maka terlihat hasil proyeksi Amerika seperti pada.
Ciri-ciri dari hasil proyeksi Amerika:
1.      Pandangan atas terletak di atas pandangan depan.
2.      Pandangan kiri terletak dikiri pandangan depan.
3.      Pandangan kiri terletak di kanan pandangan depan.
4.      Pandangan bawah terletak di bawah pandangan depan.
Gambar 2.3 Proyeksi Amerika Atau Proyeksi Sudut Ketiga
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)

2.2.3 Proyeksi Aksonometri

Aksonometri merupakan sebuah sebutan umum untuk pandangan yang dihasilkan oleh garis-garis proyeksi suatu benda. Penggabaran ini garis-garis proyeksi ditarik tegak lurus terhadap bidang proyeksi. Aksonometri merupakan salah satu modifikasi penggambaran satu bentuk yang berskala. Gambar aksonometri berguna untuk dapat lebih menjelaskan bentuk suatu bangunan, baik itu bentuk bangunan seutuhnya, potongan bangunan yang memperlihatkan struktur atau interiornya, datail bangunan atau sampai menunjukan skema utilitas suatu bangunan. Jenis proyeksi Aksonometri dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
a)    Isometri
Proyeksi Isometri ialah suatu proyeksi yang mempunyai perbandingan panjang antara ketiga sumbunya, yaitu x : y : z adalah 1 : 1 : 1, sedangkan jarak antar sumbu membentuk sudut sebesar 120 derajat. Pada proyeksi ini ciri yang paling mendasar adalah besar sudut antara sumbu x dan y terhadap garis mendatar adalah 30 derajat.
Gambar 2.4 Isometri
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
b)      Dimetri
Dibandingkan dengan proyeksi isometri, proyeksi dimetri mempunyai perbedaan mendasar, yaitu : besar sudut sumbu x dan y, terhadap garis horizontal dan perbandingan sumbu x, y dan z. Dimetri yang berarti dua ukuran merupakan pengembangan atau modifikasi dari bentuk Isometri dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi diubah untuk memberikan kesan nyata. Biasanya menggunakan perbandingan 2:2:1 atau 3:3:1. dalam gambar dimetri terdapat masing-masing dua macam skala dan sudut kemiringan.
Proyeksi Dimetri adalah bagian dari proyeksi aksonometri dengan ketentuan untuk skala pemendekan dengan arah sumbu x, y dan z minimal dua arah sumbu memiliki besar pemendekan yang sama sedangkan kedua sudut proyeksi boleh sama atau tidak sama sekali. Disebut proyeksi dimetri, bila skala perpendekan dari dua rusuk dan dua sudut dari ketiga sudut yang dibentuk oleh ketiga rusuk yang berpotongan pada satu titik adalah sama.
Gambar 2.5 Proyeksi Dimetri
(Sumber Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
c.       Trimetri
Pada proyeksi trimetri harga ketiga sudut proyeksi benda tidak sama, yang mengakibatkan garis tepi dari benda tidak sama, seperti pada gambar dbawah ini:
Gambar 2.6 Trimetri
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
d.      Proyeksi miring
Proyeksi miring adalah suatu proyeksi dimana garis-garis proyeksinya tidak tegak lurus bidang proyeksi tetapi membentuk sudut sembarang dengan permukaan depan dari benda pada proyeksi diletakkan dengan bidang proyeksi, sehingga bentuk permukaan depan terlihat seperti sebenarnya, seperti pada gambar:
Gambar 2.7 Proyeksi Miring
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)

2.2.5 Proyeksi Perspektif

Proyeksi perspektif adalah cara penggambaran pandangan tunggal di mana dalam menggambarkan gambar proyeksinya, garis-garis sejajar dalam salah satu atau dua dimensinya, bertemu pada satu titik yang disebut titik hilang. Oleh karena itu, gambar ini disebut juga sebagai gambar proyeksi titik hilang. Pada proyeksi ini tidak ada satu garis pun yang ukurannya tepat seperti bendanya.
Gambar 2.8 Kontruksi Gambar Perspektif
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)

2.3 Gambar 2 Dimensi dan 3 Dimensi

2.3.1 Gambar 2 Dimensi

Proyeksi dua dimensi merupakan penerjemahan suatu benda bentuk tiga dimensi kedalam bentuk dua dimensi, artinya suatu benda tersebut digambarkan hanya dari salah satu sudut pandang, dan oleh sebab itu gambar proyeksi dua dimensi hanya memiliki dua komponen ukuran, yaitu panjang dan lebar. Kekurangan satu elemen ukuran yang lain yaitu ukuran tinggi dikompensasi dengan di buatkan proyeksi dari sudut pandang yang lain yang dapat memperlihatkan ketinggian benda tersebut.
Apabila benda yang hendak diproyeksikan memiliki kerumitan yang tinggi, tidak menutup kemungkinan gambar proyeksi yang di buat menampilkan proyeksi dua dimensi diusahakan menampilkan sesedikit mungkin pandangan dengan memperlihatkan faktor kerapihan dan kemudahan pembaca gambar.
Gambar 2.9 Konsep Gambar Dua Dimensi
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)

2.3.2 Gambar 3 Dimensi

Tiga dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Gambar tiga dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar), sumbu y (tegak), dan sumbu z (miring).

2.4 Potongan

Potongan (irisan) adalah letak gambar yang tersembunyi atau menutupi bagian gambar tersebut, misalnya kita ingin menggambar sebuah rumah, alangkah rumitnya jika menggambar pada bagian dalam rumah tersebut. Fungsi potongan ialah memperihatkan bagian-bagian dalam gambar tersebut untuk ditampilkan dengan jelas, sehingga bagian yang sulit kita lihat dapat terlihat dengan jelas.
Berikut ini contoh gambar yang memperlihatkan sebuah benda yang tidak dapat kelihatan bagianya. Bagian ini dapat dinyatakan dengan garis gores, jika benda ini dipotong, maka bentuk dalamnya akan lebih jelas lagi, dengan memperlihatkan cara memotong pada sisi bagian benda setelah bagian yang menutupi disingkirkan. Gambar sisi ini diproyeksikan ke bidang potong, dan hasilnya disebut potongan.
Gambar 2.10 Potongan
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
Gambarnya diselesaikan dengan garis tebal, dalam hal ini bagian yang terletak dibelakang potongan tidak berlu digambar, hanya jika bagian ini di perlukan maka bagian dibelakang potongan ini digambar dengan garis gores.

2.4.1 Jenis-Jenis Potongan

1)      Potongan Meloncat
Sebuah benda yang dipotong menurut garis potong A-A, sebenarnya bidang potongannya  terdiri atas dua bidang, dalam hal ini dapat disatukan, dengan demikian potongan tersebut dinamakan potongan meloncat. Cara untuk menyederhanaka gambar dan penghematan waktu potongan-potongan dalam beberapa bidang sejajar dapat disatukan seperti gambar dibawah ini.
Gambar 2.11 Potongan Meloncat
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO



)     a. Potongan Menyudut
Bagian simetrik dapat digambarkan pada dua potong bidang yang saling berpotongan. Satu bidang potong merupakan potongan utama, sedangkan bidang potongan yang lain menyudut dengan bidang pertama, proyeksi pada bidang terakhir ini, diselesaikan menurut aturan-aturan yang berlaku, diputar dengan berhimpit pada bidang proyeksi pertama. Berikut ini contoh gambar potongan dua bidang menyudut:
Gambar 2.12 Potongan Menyudut
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
      b. Potongan bidang berdampingan
Seperti contoh potongan pada pipa berbentuk elbo dapat dibuat dengan bidang yang berdampingan melalui garis sumbunya, berikut ini adalah contoh gambarnya:
Gambar 2.13 Potongan Berdampingan
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO



4    c. Potongan Separuh
Bagian-bagian simetrik dapat digambar setengahnya sebagai gambar potongan dan setengahnya lagi sebagai pandangan. Perhatikan contoh gambar dibawah ini, dalam gambar ini garis-garis yang tersembunyi tidak perlu digambar dengan garis gores lagi, karena jelas pada gambar potongan:
Gambar 2.14 Potongan Separuh
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
      d. Potongan penuh
Potongan penuh terjadi ketika bidang potongan melalui benda seutuhnya. Contohnya seperti gambar dibawah ini:
Gambar 2.15 Potongan Penuh
(Sumber: Buku Menggambar Mesin Menurut Standar ISO)
6    e. Potongan putar
Benda-benda tertentu seperti ruji roda, engkol, poly, gear rantai, dan sebagainya, dapat digambarkan setelah potonganya diputar atau kemudian dipindahkan ketempat lain. Perhatikan gambar dibawah ini, ada sedikit perbedaan pada kedua gambar tersebut, yaitu yang pertama digambar dengan garis tipis, sedangkan yang kedua dengan garis tebal biasa.
Gambar 2.16 Potongan Putar



BAB III

PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA

3.1 Pengumpulan Data

3.1.1 Deskripsi Produk

Pengki merupakan perkakas kebersihan, pada umumnya digunakan bersama-sama dengan sapu. Pengki memiliki bentuk seperti sekop yang datar. Alat ini merupakan alat yang biasa ada di dalam rumah tangga, tetapi juga digunakan secara bervariasi dalam industri dan komersial. Pengki yang lebih modern dipasangkan pada semacam tongkat silindris sehingga penggunanya tak perlu terlalu sering membungkuk. Pengki juga dikenal dengan istilah nama cikrak dalam bahasa jawa, biasanya terbuat dari bambu yang dianyam tanpa gagang. Biasanya dijual bersama dengan tempat sampah bambu sebagai pasangan alat kebersihan yang berbasis lingkungan. Produk yang saya kerjakan ini yaitu pengki yang ada rodanya supaya ibu-ibu bisa mengambil sampah di halaman kalaupun berat bisa dengan cara mendorongnya.



BAB IV

ANALISIS

Berdasarkan dari pengolahan data yang telah dilakukan mengenai produk yang telah diinovasikan dalam pembuatan gambar produk baik 2D maupun 3D. Praktikum yang telah dilakukan selama satu semester mengenai perancangan gambar teknik, menggunakan program AutoCAD. Pemanfaatan aplikasi AutoCAD ini dapat mempermudah seseorang dalam mendeskripsikan objek yang akan dirancang dengan memberikan informasi tentang produk tersebut dengan jelas dan rinci. Menggunakan sofware AutoCAD, objek yang kita rancang baik itu ukuran maupun bentuk dari gambar yang dibuat dapat mendeskripsikan segala aspek yang ada dalam objek nyata produk tersebut. Aplikasi AutoCAD sangat bermanfaat dalam perancangan desain suatu produk di perusahaan, produk yang dapat dibuat memiliki 1 komponen, dengan menggunakan aplikasi AutoCAD kita dapat mensimulasikan bentuk gambar dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Setiap produk yang kita buat pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dan kekurangan produk yaitu:
Kelebihan:
1.      Tidak usah untuk menggangkat pengki karena sudah ada roda jadi tinggal ditarik tidak usah di angkat.
2.      Tidak memerlukan banyak tenaga, pengki hanya dapat ditarik.
3.      Bisa digunakan untuk kaum (disabilitas) orang buta, sebagai pengganti tongkat saat membersihkan area halaman.
Kekurangan:
1.      Tidak mempunyai tempat untuk ditempel di dinding.



BAB V

KESIMPULAN

5.1 Kesimpulan

Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan maka hasil akhir dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      Produk ini terdiri dari 5 komponen.
2.      Lamanya perancangan yang telah dikerjakan selama 2 hari.
3.      Dengan adanya produk inovasi ini, maka dapat menjadi pilihan produk dalam pembelian alat rumah tangga.
4.      Dalam produk ini memiliki penambahan fungsi yang berbeda dari produk pengki yang ada di pasaran.

5.2 Saran

Hasil pembuatan produk telah diselesaikan, maka dapat disarankan sebagai berikut:
1.      Menambahkan inovasi lainnya sehingga pengki tidak jadi merepotkan ibu-ibu rumah tangga.
2.      Dapat menjadi inspirasi produk dalam praktikum menggambar teknik



DAFTAR PUSTAKA

Arifin Muhtar, 2015. Pengertian Dan Fungsi Gambar Teknik. Dikutip dari http://www.autocadtangerang.com/2015/11/pengertian-dan-fungsi-gambar-teknik.html (Dikutip tanggal 19-Mei-2017 Jam 09.59)
Nugroho Andika, 2014. Jenis-Jenis Garis Gambar Teknik. Dikutip dari http://andikadn.blogspot.co.id/2014/02/jenis-jenis-garis-gambar-teknik.html (Dikutip tanggal 20-Mei-2017 Jam 01.13)
Sii Black Crow Jhon, Jenis-Jenis Potongan Pada Teknik A. Dikutip dari https://www.academia.edu/8740800/JENIS_JENIS_POTONGAN_PADA_GAMBAR_TEKNIK_A (Dikutip tanggal 23-Mei-2017 Jam 10.45)

















Lampiran

Komentar

Postingan Populer